Gerakan 10 Juta Bendera HUT RI, Mendagri Tito Bakal Hadir di Tanjung Bira Bulukumba

Mendagri, Tito Karnavian. /ist

BULUKUMBA, EDITORIAL -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba tengah mempersiapkan penyelenggaraan Puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Rencananya, acara akbar yang akan dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian tersebut dipusatkan di Kawasan Wisata Tanjung Bira pada 10 hingga 11 Agustus 2023 mendatang.

Menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI Ke 78 Tahun, Kemendagri menunjuk Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Tak hanya di Kawasan Wisata Tanjung Bira, mantan Kapolri ini dijadwalkan akan berkunjung ke Kawasan Adat Ammatoa Kajang Bulukumba.

"Iya, pimpinan tertinggi masyarakat adat Kajang saat ini tengah mempersiapkan penyambutan dan pemberian gelar kehormatan kepada Mendagri," kata Kabid Humas Pemda Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, Senin (31/7/2023).

"Mendagri juga akan dijadwalkan berkunjung ke pusat pembuatan perahu Pinisi di Tanah Beru dan melihat langsung aktifitas para Panrita Lopi (sebutan Bulukumba) dalam membuat perahu," tambahnya.

Selain itu, kata Ayatullah, kegiatan nasional Pembagian 10 Juta Bendera akan dimeriahkan dengan Festival Budaya Merah Putih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba.

"Acara puncak ada penyambutan secara adat, persembahan tarian kolosal dari gabungan sanggar seni budaya di Lapangan Hitam Tanjung Bira," ujarnya.

Ayatullah menambahkan bahwa selama kegiatan berlangsung, akan ada pameran dan bazar UMKM produk kerajinan maupun kuliner hiburan live music performance, pertunjukan marching band, dan pertunjukan colorguard di Pasar Seni dan Pelataran Anjungan Tanjung Bira.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali telah mengimbau seluruh masyarakat untuk menaikkan bendera dan memasang umbul umbul mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2023. ***

Penulis: Ashari Kopiteng
Editor: Tim Redaksi

Baca Juga